Senin, 27 Agustus 2012

sejarah singkat linux


Dimulai pada tahun 1991, Mahasiswa Universitas Helsinki, Finlandia mempublikasikan system operasi mereka yang pertama yang merupakan varian dari sistem operasi UNIXdan diberi nama Minix oleh Andrew S.Tanenbaum. Pada saat berkembang sistem tersebut, Linus Torvalds. Salah seorang mahasiswa Universitas tersebut menyatakan bahwa sistem Minix tersebut non-portable dan monolitis. Untuk itu dia ingin menyempurnakan sistem Minix tersebut.Sebagai gantinya dia menciptakan sistem operasi yang diberi nama Linux. Sistem operasi tersebut dinyatakan bahwa bukan untuk tujuan komersial dan kedengarannya Torvalds menyatakan bahwa proyek tersebut hanya proyek kecil da tidak akan berkembang.



Linux termasuk di dalam free software yang dapat didefinisikan bahwa Linux tersebut disertakan source codenya. Sehingga yang lain dapat memodifikasinya dan juga mendistribusikannya kembali dan berlisesnsikan GNU.


Sekarang Linux dikenal sebagai operating system yang kompatibel dengan UNIX dan berkembang paling pesat diantara sistem operasi yang lainnya. Hal ini disebabkan karena kemampuan Linux yang lebih di dalam network server, mampu berjalan di workstation mode grafis, aplikasi perkantoran, router dan masih banyak lagi yang lain yang dirasa kemampuannya tidak berujung batas.

0 komentar:

Posting Komentar