Selasa, 22 Januari 2013

kawah tengkurep

Situs pemakaman Kawah Tengkurep adalah komplek makam kesultanan Palembang Darussalam, salah satunya adalah makam Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo (w. 1756 M) beserta istri-istrinya antara lain, Ratu Sepuh (istri pertama dari Jawa Tengah), Ratu Gading (istri kedua dari Kelantan, Malaysia), Mas Ayu Ratu (istri ketiga bernama lahir Liem Ban Nio dari Cina), dan Nyai Mas Naimah (istri keempat berasal dari 1 Ilir Palembang). Ada juga guru besar beliau Habib Abdullah bin Idrus Al-Idrus yang merupakan Imam Kubur. Keenam makam tadi berada di Cungkup I.
Di Cungkup II, terdapat makam Pangeran Ratu Kamuk (w. 1755 M), beserta istrinya Ratu Mudo, dan Imam Kubur Sayyid Yusuf Al-Angkawi. Sementara di Cungku III, adalah makam Sultan Ahmad Najamuddin (w. 1776 M), istrinya Masayu Dalem, serta Imam Kubur Sayyid Abdur Rahman Maulana Tugaah.
Kemudian di Cungkup IV, terdapat makam Sultan Muhammad Bahauddin (w. 1803 M), istrinya Ratu Agung, dan Imam Kubur Datuk Murni Hadadd. Ada Beberapa makam lain yang tidak terbaca namanya  Selain makam-makam yang terlindung dalam Cungkup, di sekeliling komplek juga terdapat ratusan makam lain yang merupakan keturunan dan keluarga Sultan.

0 komentar:

Posting Komentar